DERODUWUR BELAJAR (ATM)


Bapak Junaedi Mulyono, S.H selaku Kepada Desa Ponggok menyampaikan persentasi materi mengenai pengelolaan potensi Desa Ponggok hingga menjadi Desa Wisata.
Bapak Junaedi menekankan bahwa pentingnya memiliki impian menjadikan desa tertinggal menjadi desa yang maju dan mandiri kemudian diwujudkan dengan cara :
1. Pemetaan potensi desa dan permasalahan yang ada.
2. Tata ruang desa sesuai dengan penataan daerah sehingga apa yang dibangun menjadi hal yg bermanfaat, efisien dan efektif. Jika diperlukan menggandeng pemerintah daerah sebagai konsultan tata ruang.
3. Membuat Bumdes sebagai pengelola ekonomi dalam sektor riil dan keuangan (untuk mengatur segala bidang ekonomi, meningkatkan hasil pendapatan desa, mengurangi pengangguran, meningkatkan peluang usaha) sebagai contoh di Desa Ponggok memiliki Unit Usaha pengelolaan wisata, kuliner, homestay dll.
4. Pendekatan pembangunan SDM (dengan studi banding)
Dll.
Kita harus bisa mengolah potensi yang ada menjadi emas. Memiliki visi dan misi untuk membangun Desa, dan pemerintah desa, bpd, pokdarwis, pkk dan lembaga desa lainnya harus mampu bersinergi dan bekerjasama guna mencapai Desa Wisata yang mandiri.

Nb : semoga dalam jangka waktu singkat, tekat kuat, kerjasama yang baik antar lembaga desa dan masyarakat, Deroduwur mampu menjadi Desa Mandiri dan Sejahtera. Amiin.


KOMENTAR

Daftar Komentar

Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 081225582499
Email:  deswitaderoduwur@gmail.com
Website: https://deroduwur-mojotengah.wonosobokab.go.id

Jln. KH Asy'ari No 01 Desa Deroduwur RT 09 RW 01 Deroduwur